System interaktif yaitu di mana user mencapai suatu tujuan dengan domain aplikasi. dan dengan system interaktif suatu aplikasi dapat kita pergunakan secara maksimal. System interaktif sangat di butuh kan untuk bisa menghubungkan user dengan aplikasi. suatu system interaktif dikatakan berhasil apabila dapat meningkatkan dayaguna dari system tersebut. Dengan seringnya system di daya gunakan kita akan mengetahui apakah kekurangan dari system tersebut, sehingga kita bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan dari system tersebut.
Dengan adanya Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan psikologi, komputasi dan sosiologi mengarahkan peningkatan desain dan evolusi suatu produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya-guna sistem tersebut. Oleh sebab itu system interaktif harus di buat dengan se interfae mungkin kepada user,sehingga memudahkan penggunaan system tersebut. Apabila sebuah system interaktif sulit di gunakan oleh user maka bagaimana system tersebut dapat dikatakan interaktif?
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat suatu system interaktif,yaitu Learnability, Flexibility, Robustness. Learnability adalah kemudahan yang memungkin-kan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal. Maksudnya adalah system ini dapat digunaan oleh multi user, baik user yang sudah berpengalaman ataupun user yang baru sekalipun. Jadi siapapun bisa menggunakan sitem tersebut. Yang ke dua adalah flexibility, yaitu menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi. Di sini di mudahkan untuk setipa user yang menggunakan system interaktif ini untuk bertukar informasi, jadi bukan hanya suatu system dengan user saja,namun system menghubungkan suatu user yang menggunakansitem tersebut dengan user lain yang sama-sama menggunakan system tersebut. Yang terakhir adalah tingkat dukungan yang diberi-kan agar user dapat menentukan keberhasilannya atau tujuan (goal) yang diinginkan.
Dengan adanya Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan psikologi, komputasi dan sosiologi mengarahkan peningkatan desain dan evolusi suatu produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya-guna sistem tersebut. Oleh sebab itu system interaktif harus di buat dengan se interfae mungkin kepada user,sehingga memudahkan penggunaan system tersebut. Apabila sebuah system interaktif sulit di gunakan oleh user maka bagaimana system tersebut dapat dikatakan interaktif?
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat suatu system interaktif,yaitu Learnability, Flexibility, Robustness. Learnability adalah kemudahan yang memungkin-kan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal. Maksudnya adalah system ini dapat digunaan oleh multi user, baik user yang sudah berpengalaman ataupun user yang baru sekalipun. Jadi siapapun bisa menggunakan sitem tersebut. Yang ke dua adalah flexibility, yaitu menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi. Di sini di mudahkan untuk setipa user yang menggunakan system interaktif ini untuk bertukar informasi, jadi bukan hanya suatu system dengan user saja,namun system menghubungkan suatu user yang menggunakansitem tersebut dengan user lain yang sama-sama menggunakan system tersebut. Yang terakhir adalah tingkat dukungan yang diberi-kan agar user dapat menentukan keberhasilannya atau tujuan (goal) yang diinginkan.