Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984 pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep colaboraif learing network Menurut , CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul bail secara psikologi maupun sosial.
Salah satu bentuk umum konseptualisasi sistem CSCW adalah dengan mengamati konteks dari penggunaan sistem tersebut. Contohnya adalah matriks CSCW, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 oleh Johansen; dan juga muncul pada Matriks dimaksud membagikonteks sebuah "work" ke dalam dua dimensi yakni waktu dan lokasi. Dimensi waktu dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada waktu yang bersamaan (sinkron), atau berbeda (asinkron). Dimensi lokasi dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada tempat yang sama, atau tempat yang terdistribusi.
Postingan selanjutnya yaitu membahas User Interface Management System (UIMS), dari beberapa referensi yang sudah saya pelajari dari berbagai macam sumber yang terpercaya tentang UIMS, dapat saya ambil kesimpulan bahwa User Interface Management System (UIMS) adalah Management Intrerface antara pengguna dengan suatu system yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang berguna dan mencapai mencapai suatu tujuan tertentu.
Tujuan yang dimaksud adalah menciptakan suatu proses agar bisa diraih suatu interface yang konsisten dan mempunyai bentuk yang sama untuk beberapa aplikasi yang berbeda dalam sistem yang sama.
contoh dari UIMS adalah :
Apple Macintosh
OSF/MOTIF dari Open Systems Foundation
Open Look dari Sun untuk AT & T
Windows dari Microsoft
Beberapa cara yang dapat di gunakan agar UIMS bisa mencapai tujuuan yang kita inginkan diantaranya,
Pertama memberikan fasilitas – fasilitas standar yang mudah untuk penanganan dialog pemakai, misalnya widgets memberikan komponen standar dasar interface.
Kedua memberikan beberapa Software standar yang digunakan untuk mengelola berbagai cara, oleh setiap program aplikasi untuk menggunakan interface tersebut.
Ketiga memberikan Setting – settingan pengaturan yang dapat mengatur cara bertindaknya suatu fasilitas, contohnya settingan – settingan yang terdapat pada Control Panel.
Kebanyakan saat ini UIMS menggunakan system windowing dan memanfaatkan WIMP (window, icon, menu, pointer).
Teknik Evaluasi adalah suatu teknik yang di gunakan untuk melihat suatu rancangan system yang telah kita buat apakah hasilnya sesuai dengan permintaan pengguna(user) atau tidak??. Cara ini tidak dikerjakan dalam satu fase proses perancangan tetapi melalui perancangan dengan prinsip life cycle.
Teknik evaluasi ini mempunyai tujuan yaitu :
Melihat fungsi dari system tersebut
Mengetahui kepuasan pengguna
Mendeteksi adanya kesalahan – kesalahan yang mungkin terjadi pada system
Adapun faktor yang membedakan teknik evaluasi yaitu :
Tingkat siklus
Jenis evaluasi
Tingkat objektifitas dan subjektifitas
Jenis ukuran yang tersedia
Kesiapan dari suatu respon
Tingkat gangguan yang tidak secara langsung
Sumber yang tersedia
Dalam memilih metode evaluasi banyak faktor - faktor yang wajib di pertimbangkan antara lain :
Di putaran mana suatu evaluasi dilakukan?
Gaya evaluasi apakah yang nantinya akan dibutuhkan?
Objektifitas teknik seperti apakah yang seharusnya ada?