News Studentsite

Rabu, 21 April 2010

Computer supported cooperative work

Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984 pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep colaboraif learing network Menurut , CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul bail secara psikologi maupun sosial.

Salah satu bentuk umum konseptualisasi sistem CSCW adalah dengan mengamati konteks dari penggunaan sistem tersebut. Contohnya adalah matriks CSCW, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 oleh Johansen; dan juga muncul pada Matriks dimaksud membagikonteks sebuah "work" ke dalam dua dimensi yakni waktu dan lokasi. Dimensi waktu dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada waktu yang bersamaan (sinkron), atau berbeda (asinkron). Dimensi lokasi dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada tempat yang sama, atau tempat yang terdistribusi.

pengambilan dari www.wikipedia.com

Selasa, 20 April 2010

User Interface Management System

Postingan selanjutnya yaitu membahas User Interface Management System (UIMS), dari beberapa referensi yang sudah saya pelajari dari berbagai macam sumber yang terpercaya tentang UIMS, dapat saya ambil kesimpulan bahwa User Interface Management System (UIMS) adalah Management Intrerface antara pengguna dengan suatu system yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang berguna dan mencapai mencapai suatu tujuan tertentu.


Tujuan yang dimaksud adalah menciptakan suatu proses agar bisa diraih suatu interface yang konsisten dan mempunyai bentuk yang sama untuk beberapa aplikasi yang berbeda dalam sistem yang sama.

contoh dari UIMS adalah :

  • Apple Macintosh
  • OSF/MOTIF dari Open Systems Foundation
  • Open Look dari Sun untuk AT & T
  • Windows dari Microsoft


Beberapa cara yang dapat di gunakan agar UIMS bisa mencapai tujuuan yang kita inginkan diantaranya,

Pertama memberikan fasilitas – fasilitas standar yang mudah untuk penanganan dialog pemakai, misalnya widgets memberikan komponen standar dasar interface.

Kedua memberikan beberapa Software standar yang digunakan untuk mengelola berbagai cara, oleh setiap program aplikasi untuk menggunakan interface tersebut.

Ketiga memberikan Setting – settingan pengaturan yang dapat mengatur cara bertindaknya suatu fasilitas, contohnya settingan – settingan yang terdapat pada Control Panel.

Kebanyakan saat ini UIMS menggunakan system windowing dan memanfaatkan WIMP (window, icon, menu, pointer).


by. openstorage.gnadarma.ac.id

Teknik Evaluasi dan Tujuannya Pada System Interaktif

Teknik Evaluasi adalah suatu teknik yang di gunakan untuk melihat suatu rancangan system yang telah kita buat apakah hasilnya sesuai dengan permintaan pengguna(user) atau tidak??. Cara ini tidak dikerjakan dalam satu fase proses perancangan tetapi melalui perancangan dengan prinsip life cycle.


Teknik evaluasi ini mempunyai tujuan yaitu :

  • Melihat fungsi dari system tersebut
  • Mengetahui kepuasan pengguna
  • Mendeteksi adanya kesalahan – kesalahan yang mungkin terjadi pada system

Adapun faktor yang membedakan teknik evaluasi yaitu :

  • Tingkat siklus
  • Jenis evaluasi
  • Tingkat objektifitas dan subjektifitas
  • Jenis ukuran yang tersedia
  • Kesiapan dari suatu respon
  • Tingkat gangguan yang tidak secara langsung
  • Sumber yang tersedia


Dalam memilih metode evaluasi banyak faktor - faktor yang wajib di pertimbangkan antara lain :

  • Di putaran mana suatu evaluasi dilakukan?
  • Gaya evaluasi apakah yang nantinya akan dibutuhkan?
  • Objektifitas teknik seperti apakah yang seharusnya ada?
  • Jenis pengukuran apakah yang kita gunakan?
  • Informasi apa saja yang kita butuhkan?
  • Seperti apakah informasi gangguannya?
  • Sumber daya apasaja yang telah tersedia?

by. http://www.ferry_ak.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/.../M8-Teknik+Evaluasi.pdf

 
Design by Free WordPress and blogger Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management