News Studentsite

Minggu, 23 Mei 2010

Arwana Berumur Panjang dengan Berpuasa


Peneliti dan pelaksana budi daya ikan arwana Program Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Daerah (Iptekda), Agus H Tjakrawidjaja, mengatakan ikan arwana dapat berusia panjang dengan berpuasa.

“Ikan arwana juga harus dipuasakan, untuk menjaga stabilitas berat badan sehingga bisa lebih lama hidup,” ujarnya usai panen raya di kawasan Cibinong Science Center (CSC), Sabtu.

Agus menjelaskan, pakan ikan arwana yang paling baik adalah katak dengan ukuran kelingking orang dewasa. Satu induk ikan arwana memakan dua ekor katak seharinya dua kali. “Selain katak, bisa juga anak ikan emas, atau usus ayam,” ucapnya.

Menurutnya pemberian makan cukup sehari dua kali sebanyak dua ekor untuk satu ikan arwana, dan besoknya ikan arwana harus dipuasakan. “Sehari makan, sehari puasa. Jika terus menerus diberi makan ikan akan cepat gemuk, tidak baik kalau kegemukan” katanya.

Jika ikan arwana kegemukan, selain mempengaruhi nilai jual ikan, juga menghambat metabolisme atau pergerakan ikan. “Ikan arwana kalau terlalu gemuk tidak laku dijual, karena tidak langsing. Juga tidak baik untuk ketahanan fisiknya,” kata Agus.

Kegemukan pada ikan arwana akan mempengaruhi kantong pernapasannya karena dijepit oleh lemak badan sehingga menyulitkan ikan bergerak.

Sebenarnya pemeliharaan ikan arwana tidak telalu sulit, selain harus memperhatikan pola makan, kebersihan kolam atau aquarium juga perlu diperhatikan. “Kolam maupun aquarium yang kotor juga tidak baik untuk ikan arwana, unsur hara dalam kotoran mempengaruhi oksigen dalam air,” ujarnya.

Oleh karena itu, bagi pencita ikan arwana mungkin ada baiknya memperhatikan hal tersebut untuk mendapatkan ikan arwana berumur panjang. Ikan arwana memiliki banyak keistimewaan selain merupakan hewan peliharaan, nilai jual ikan jenis karnivora itu sangat tinggi dan laku di pasar internasional.

by. http://matanews.com/2010/02/21/arwana-berumur-panjang-dengan-berpuasa

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress and blogger Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management