News Studentsite

Senin, 10 Oktober 2011

Business English Letter


Letter Head (kepala surat)

suatu tulisan yang terdapat diatasselembarkertassurat, biasanya disebut sebagai kop surat. Kop suratbiasanyaterdiridarinamadanalamat,dan logo dan biasanya berisikan informasi alamat dari pengirim surat tersebut.

Date

suatu tulisan yang berisikan informasi tentang tanggal, bulan, tahun dari pembuatan surat tersebut. Ada perbedaan dalam penulisan date antara British style dan American style, jika British style menuliskan date dimulai dari tanggal, bulan, kemudian tahun. Dan letak dari date tersebut berada di pojok kiri atas. (08 oktober 2011)

Sedangkan American style menuliskan date dimulai dari bulan, tanggal, kemudian tahun. Dan letak dari date tersebut berada di pojok kiri atas juga. (Oktober 08,2011).


Inside Address

adalah suatu alamat dimana kita akan mengirimkan surat kepadanya. Buatlah dengan selengkap mungkin. Termasuk judul, nama, dan informasi jika pengirim mengetahui tentang si penerima. Dalam penulisan inside address terdapat perbedaan antara American style dan British style. Jika American style menuliskan inside address tepat di bawah tanggal. Sedangkan British style menuliskan inside address sebaris dengan tanggal, jadi inside address berada dikiri sedangkan tanggal berada dikanan.


Salutation

adalah ucapan yang digunakan dalam surat atau komunikasitertulis lainnya, Salam tersebut dapat ditulis secara formal atau informal. Bentuk paling umum dari salam tersebut adalah Dear kemudian diikuti oleh nama penerima jika kita mengetahui nama sipenerima surat.


Jika kita tidak mengetahui sipenerima surat maka kita bias menggunakan kata yang lain seperti :



Untuk penulisan tanda baca :

Body Of Letter



adalah bagian antara ucapan dan penutupan. Yang berisi pesan atau "meat" dari surat itu. Biasanya pada paragraf pertama berisikan tentang ramah-tamah yang membuat perhatian sipembaca terfokus untuk paragraf selanjutnya, serta alasan dari penulisan surat, pada paragraf selanjutnya dijabarkanlah informasi penting secara keseluruhan dan panjang lebar dari penulisan surat. Paragraf penutup biasanya menjelaskan tentang tujuan dari pembuatan surat, serta meminta kepada pembaca untuk menindaklanjutinya (membalas surat).



Bagian utama surat harus berbentuk format :



- > Single spasi antar baris


- > Baris kosong setiap berganti paragraf baru




Complimentary Close

Berupa salam penutup yang merupakan salah satu penghormatan dari sipembuat surat. Berikan tempat atau lahan kosong untuk tanda tangan pembuat surat yang disertai dengan nama.

- British English



- Jika nama penerima surat dicantumkan pada salam pembuka maka digunakan “Sincerely”



- Jika nama penerima surat tidak dicantumkan pada salam pembuka maka digunakan “Faithfully”



- Jika pada salam pembuka diakhir baris terdapat tanda baca koma (,) maka diakhir baris pada salam penutup juga di cantumkan tanda baca koma (,). Contoh : Dear Mr Evan, (Salam Pembuka) maka Yours sincerely, / Sincerely yours, (Salam Penutup).


- American English

- Nama penerima surat pada salam pembuka dicantumkan atau tidak maka digunakan “Sincerely”.


Signature (dari bahasa Latin: signare, "untuk tanda")

adalah penggambaran tulisan tangan nama seseorang, nama panggilan, atau bahkan symbol sederhana tentang seseorang yang menulis pada dokumen sebagai bukti identitas penulis. Dengan tanda tangan sipenerima surat dapat mengidentifikasi dengan mudah siapa penciptanya.



Type Name

berisikan nama dari seseorang yang menandatangani surat tersebut, dan terletak persis dibawah tanda tangannya.




Format dari English Business Letter


1. Full Block Business Letter

Format ini menyusun seluruh bagian surat berada diposisi rata kiri.


2. Modified Block Business Letter

Format ini membentuk surat dengan posisi letter head, date, complementary close, dan signature berada pada rata kanan. Sedangkan bagian surat yang lain berada pada rata kiri.


3. Semi-Block English Letter

Format ini membentuk surat dengan posisi letter head, date, complementary close dan signature berada pada rata tengah surat. Kemudian bagian surat yang lain berada pada rata kiri. Dan pada setiap awal paragraph dari isi surat memiliki spasi.


Sumber :

http://www.cyberbee.com/science/buslet.gif

http://www.savvy-business-correspondence.com/

http://www.ego4u.com/en/business-english/communication/business-letter

www.wikipedia.org

1 comments:

biluping mengatakan...

Format surat resmi yah teman? salam kenal yah

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress and blogger Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management