News Studentsite

Jumat, 23 Desember 2011

Jaringan Komputer


Jaringan komputer  adalah sebuah  sistem yang terdiri atas  komputer - komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), dan dapat mengakses informasi dari internet.  Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah  kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan sepertiHub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.


Sumber : id.wikipedia.org

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress and blogger Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management