News Studentsite

Jumat, 23 Desember 2011

Bagaimana Email Sampai Tujuan?


Surat elektronik (bahasa Inggris: email) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

Banyak keuntungan yang didapat dari email misalnya, dengan account email kita bisa mendapatkan account yang lain, seperti account jejaring social, member belanja online, dan lain lain. Awalnya email digunakan hanya untuk prusahaan pribadi, sejak tahun 1980-an sampai saat ini email dapat dinikmati oleh siapapun dan dimanapun ia berada yang terpenting mendapat koneksi internet. Kini kita mengerti tentang email tetapi, apakah kita juga telah mengetahui tentang cara kerja email yang biasa kita gunakan, baik kita pahami bersama bagaimana caranya si email tesebut akhirnya bisa sampai ke penerimanya. Perhatikan gambar dibawah.


Ketika kita mengirim email maka email yang telah kita kirim ditangani oleh SMTP server dan akan dikirim ke SMTP server tujuan dengan menggunakan port 25, baik secara langsung maupun melalui melalui beberapa SMTP server dijalurnya. Apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim langsung, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan simasukkan ke dalam queue(antrian) dan di ‘resend per 15 menit’. Apabila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim.

Kemudian email akan masuk pada POP3 server atau IMAP server yang berjalan pada port 110. jika menggunakan POP3 server maka apabila kita ingin membaca email maka email pada server di download sehingga email hanya terdapat didevice yang mendownload email tersebut, dengan kata lain kita hanya bisa membaca email tersebut pada device yang sama jika kita menggunakan device yang lain kita tidak akan dapat membacanya. berbeda dengan POP3 IMAP server ia mempertahankan email pada server sehingga email dapat dibuka kembali menggunakan device yang berbeda.

Kesimpulannya email keluar dan email masuk menggunakan port yang berbeda, jika mereka menggunakan port yang sama maka akan terjadi kekacauan yang dapat menghambat perjalan email.




Reverensi : id.wikipedia.org
                   bemartin.wordpress.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress and blogger Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management